Minggu, 12 Desember 2021

Teori Penawaran Islami

 


Penawaran merupakan jumlah barang atau jasa yang tersedia serta dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga tertentu dan selama periode waktu tertentu. Teori penawaran Islami tidak terlepas dari kaidah dan ketentuan yang digaris Allah kepada manusia dalam melakukan kegiatan produksi. Dalam melakukan pengolahan alam, manusia harus senantiasa menjaga kesinambungan kehidupan disekitarnya, dan jangan sampai melakukan perusakan.

Tingkat Harga
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat harga:

1. Harga Barang itu sendiri                                             4. Jumlah Penjual

2. Biaya Produksi                                                            5. Kondisi Alam

3. Tingkat Teknologi yang digunakan                         6. Ekspektasi


Pengaruh Zakat terhadap Penawaran

  1. Pengaruh zakat terhadap penawaran dapat dilihat dari dua sisi. Melihat pengaruh kewajiban membayar zakat terhadap perilaku penawaran. Contohnya: zakat perniagaan
  2. Pengaruh zakat produktif, yakni alokasi zakat kegiatan produktif dari mustahik terhadap kurva penawaran. 
  3. Zakat yang dikenakan pada hasil produksi adalah zakat perniagaan, yang baru dikenakan apabila hasil produksi dijual dan hasil penjualan telah memenuhi nisab (batas minimal harta yang menjadi objek zakat yaitu setara 96 gram emas) dan haul (batas minimal waktu harta tersebut dimiliki yaitu satu tahun).

Konsep Produce Surplus
Surplus produsen (Producer Surplus) adalah area berbentuk segitiga ungu di bawah tingkat harga dan di atas kurva penawaran, karena itu adalah jumlah minimum produsen dapat menghasilkan. Surplus produsen umumnya mengalir melalui pemilik faktor-faktor produksi. Dalam persaingan sempurna, tidak ada surplus produsen timbul untuk perusahaan individual. Ini adalah sama dengan mengatakan bahwa keuntungan ekonomi didorong menjadi nol.

Jika faktor-faktor pasar persaingan sempurna juga, maka surplus produsen pada akhirnya berakhir sebagai sewa ekonomi kepada pemilik input langka seperti tanah.

Jenis-jenis Kelompok Produsen (Perusahaan)

a. Penjual Supermarginal
b. Penjual Marginal
c. Penjual Submarginal

Producer surplus merupakan selisih antara total revenue dengan total variable yang dapat di hitung dengan dua cara, yakni:

  • Menggunakan system matematis total revenue.
  • Menghitung producer surplus dengan memperhatikan variable cost.
Kurva Penawaran Jangka Pendek 


Perumusan Kurva Penawaran Sektor Industry












Share:

0 comments:

Posting Komentar